Soal-Soal Latihan Bab 2

1. Dampak apakah yang ditimbulkan dari masalah jaringan?
  1. Komponen Jaringan Tidak Berfungsi atau Mati
Mati atau tidak berfungsinya komponen jaringan disebabkan oleh kurangnya perawatan sehingga mengakibatkan berkarat dan rusak. Ruang yang lembab dan pemakaian yang sudah terlalu lama tanpa ada perawatan secara berkala menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan pada komponen jaringan. Dalam sistem jaringan LAN sering kita sebut masalah yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu dengan sebutan jaringan dalam kondisi down. Down dalam jaringan bisa kita artikan bahwa kinerja jaringan sedang turun atau tidak bekerja secara maksimal. Down dapat meyebabkan komunikasi dalam jaringan menjadi lambat atau tidak bekerja sama sekali. Kondisi tersebut yang perlu ditangani sehingga jaringan dapat bekerja dengan baik dan kembali normal. Istilah Down dalam jaringan komputer LAN berbeda dengan Down pada jaringan Warnet. Down pada jaringan LAN disebabkan system dalam jaringan LAN tersbut terganngu atau karena tidak berfungsinya komponen dalam jaringan LAN tersebut. sedangkan Down pada jaringan Warnet disebabkan oleh banyak faktor diantaranya, pengaruh dari jaringan LAN yang ada dalam warnet, dari Provider yang mengalami gangguan dan bisa juga dari line telpon yang penuh sehingga menyebabkan akses ke internet tidak dapat dilakukan
  1. Kerusakan Pada Kabel dan Konektor Jaringan
Kabel dan konektor merupakan media penghubung yang sangat penting dalam jaringan komputer, sebuah jaringan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya kabel dan konektor. Kabel dan konektor dibutuhkan untuk menghubungkan antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Jika terjadi kerusakan pada kabel dan konektor jaringan yang disebabkan oleh suatu hal, solusinya lihat dahulu apakah kabel yang anda gunakan itu benar-benar rusak dan tidak bias digunakan lagi atau masih bisa digunakan, jika tidak bisa digunakan lagi maka anda perlu menggantinya dengan kabel dan konektor yang baru. atau jika yang rusak itu hanya pada konektornya namun kabelnya masih dapat digunakan anda hanya perlu memgganti konektornya saja.
  1. Gangguan Pada Switch
Switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan. Jika Switch mengalami kerusakan maka seluruh jaringan tidak dapat berfungsi untuk berkomunikasi antar klien dengan klien maupun klien dengan server. Apabila terjadi kerusakan pada Switch dapat dilihat pada lampu indikator power dan lampu indikator untuk masing masing workstation. Apabila lampu indikator power Switch mati kemungkinan besar terjadi kerusakan pada Switch.
  1. Lambatnya Koneksi Internet
Dalam suatu jaringan yang sangat besar, membuat kinerja yang efisien merupakan suatu keharusan. Jika design infrastruktur jaringan tidak efisien, maka aplikasi atau akses ke resource jaringan pun menjadi tidak efisien dan terasa sangat lambat. Performa jaringan yang sangat lambat biasanya disebabkan oleh congestion jaringan (banjir paket pada jaringan), dimana traffic data melebihi dari kapasitas bandwidth yang ada sekarang. Koneksi wireless melemah ataupun tidak memberikan hasil yang maksimal dapat diakibatkan karena peranggkat access point yang bermasalah ataupun  instalasi wireless yang bermasalah.
  1. Kerusakan Jaringan Karena Serangan Virus
Jika jaringan anda terinfeksi virus trojan yang menyebabkan system anda dibanjiri oleh program-program berbahaya, maka jaringan akan mengalami suatu congestion yang mengarah pada kelambatan system jaringan anda, dan terkadang bisa menghentikan layanan jaringan. Untuk mencegah serang virus, anda perlu menggunakan proteksi jaringan yang sangat kuat untuk melindungi dari serangan Trojan dan berbagai macam serangan lainnya. Software anti virus yang di install terpusat pada server anti-virus yang bisa mendistribusikan data signature secara automatis kepada client agar bisa memberikan peringatan kepada client.
Demikian beberapa masalah yang sering terjadi pada sebuah jaringan komputer yang dapat saya uraikan. Itu hanya sebagian kecil kerusakan atau masalah yang bisa terjadi pada jaringan komputer, masih banyak lagi serangan yang dapat terjadi sewaktu waktu. untuk mengantisipasi serangan – serangan tersebut perlu keamanan yang kuat.
2. Jelaskan mengenai SCP!
Jawab: Linux perintah scp adalah alat yang sangat berguna untuk salinan remote. Ini adalah pilihan yang lebih baik daripada rcp karena menggunakan enkripsi seperti Program ssh. Bahkan, ia menggunakan ssh untuk otentikasi transfer data. Itu berarti, Anda tentu perlu memberikan nama login dan password dari komputer target / tujuan. Untuk mulai menggunakan Linux Program scp, mari kita lihat pada bagian paling penting, sintaks perintah atau format perintah.

3. Mengapa bila terjadi kegagalan sistem?
Jawab: penyebab kegagalan pengembangan sistem :
  1. Kurangnya penyesuaian pengembangan sistem.
  2. Kelalaian menetapkan kebutuhan pemakai dan melibatkan pemakai.
  3. Kurang sempurnanya evaluasi kualitas dan analisis biaya.
  4. Adanya kerusakan dan kesalahan rancangan.
  5. Penggunaan teknologi komputer dan perangkat lunak yg tidak direncanakan dan pemasangan teknologi tidak sesuai.
  6. Pengembangan sistem yang tidak dapat dipelihara.
  7. Implementasi yang direncanakan dilaksanakan kurang baik
4. Apa tujuan dari sistem redundansi?
Jawab: Redundansi yaitu kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama dalam sebuah database yang mengakibatkan pemborosan media penyimpanan. Sebenarnya redudansi sendiri adalah hal yang bisa diramalkan (predictable) atau konvensional dalam pesan. Misalkan Jika saya berjumpa dengan seorang teman di jalan dan berkata “Helo”, maka saya memiliki pesan yang sangat bisa diramalkan atau redundan (Highly predictable, highly redundant). Kaitannya dengan pengertian pertama ialah pesan tersebut memang sudah bisa terlamalkan dari awal kerena pesan tersebut memang sering terpakai (berulang-ulang) akan tetapi memang pesan tersebut penting disampaikan untuk memperbaiki komunikasi.
 
5. Bagaimana cara mengatasi kegagalan LAN Card?
Jawab:
  • Kegagalan pada piranti jaringan
Ada banyak masalah dari kegagalan pada piranti jaringan. Apabila terdapat masalah dari kegagalan NIC-lan card, maka untuk mengatasinya ganti lan card tersebut dengan network card yang baru atau juga bisa network card yang dalam keadaan baik.
  • Cek IP Address
Terjadinya komputer tidak dapat mendapatkan IP address dari server DHCP adalah masalah IP address komputer klient pada umumnya. Untuk mengatasi masalah ini lakukan dengan mencabut kabel LAN dan menunggu beberapa saat lalu tancapkan kembali. Sama halnya dengan perintah ipconfig /release atau renew.
  • Lakukan shutdown dan hidupkan kembali
Kenapa harus shutdown dan tidak resart? Memang restart cara yang praktis namun shutdown cara yang lebih efektif. Komputer harus di shutdown dan dibiarkan beberapa menit, kemudian hidupkan kembali dengan menekan tombol power secara manual. Dengan melakukan shutdown semua aplikasi atau sistem komputer pasti akan dimatikan, dan pasti akan melakukan refresh, sedangkan resart ada beberapa sistem yang terkadang belum sepenuhnya melakukan reresh. Dengan melakukan shutdown, aplikasi dengan model client server akan terbangun kembali dan juga melakukan sinkronisasi kembali seperti semula pada awalnya.

6. Apa yang dilakukan redundansi router ketika terjadi masalah pada salah satu router?
Jawab: Design anda mengenai redundansi jaringan akan sangat membantu dalam menyelamatkan kegagalan jaringan anda. Kebutuhan load balancing dan redundansi haruslah dikaji untuk setiap kebutuhan berdasarkan penggunaan link redundansi; piranti router; switch dan multi-homed host yang bersifat kritis. Tujuan dari system redundansi ini dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan layanan dimana tidak ada satupun titik rawan kegagalan.
Masalah Jaringan - Redundansi
Mari kita perhatikan pada gambar diatas tentang system redundansi.

Redundansi switch; jika terjadi masalah dikarenakan kegagalan pada switch A, Switch B masih bisa berfungsi untuk mensuplay link kepada server dan juga ke dua distribusi switch dan link ke WAN. Jenis masalah jaringan ini tidak akan mempengarui system server down.
Redundansi router akan membuat backup link WAN saat terjadi masalah pada salah satu router. Misal salah satu router yang menghubungkan jaringan frame relay anda ke kantor lainnya, maka masih ada backup link di router satunya.
Redundansi link – akan membackup link jika ada masalah jaringan dengan terputusnya link ke server atau ke switch.
Kita bisa mengaplikasikan system redundansi ini pada model scenario sebelumnya yang menghubungkan kedua kantor Mining dan HRD dengan menarik dua kabel UTP Cat5e bawah tanah sebagai link redundansi. Pastikan bahwa kedua kabel redundansi ini tidak terhubung kepada switch yang sama, karena kalau terjadi kegagalan pada switch maka akan percuma juga.
Untuk redundansi link internet, sebenarnya sudah banyak dipasaran router dengan port WAN dua atau lebih sehingga tidak perlu lagi dua router. Router jenis ini biasanya untuk kantoran kecil menengah dimana dua port WAN bisa failover – failback. Jadi jika link utama fail, maka akan failover ke link backup. Atau bisa juga kedua link dibuat load balancing, sebut saja FVS336G Dual Wan Gigabit SSL VPN Firewall.

7. Masalah jaringan apakah yang bukan disebabkan oleh kegagalan infrastruktur jaringan fisik?
Jawab: Masalah jaringan bisa menyebabkan gangguan pada aplikasi jaringan dan gangguan pada kesinambungan bisnis. Skala gangguan ini bisa bervariasi, tergantung pada sumber gangguan dan dampak yang ditimbulkan pada jaringan infrastruktur anda. Masalah jaringan bisa meyebabkan downtime (lambatnya waktu akses). Downtime ini bisa bervariasi tergantung seberapa bagus anda merencanakan contingensi planning. Managemen yang bagus pada dokumentasi sistem jaringan, dapat membantu meminimalkan downtime dan memudahkan anda dalam troubelshooting masalah jaringan.
Ada banyak jenis masalah jaringan yang dapat menyebabkan gangguan pada sebuah komputer, jaringan lokal, sampai gangguan pada koneksi  jaringan global bisnis dalam corporate anda
.

8. Bagaimana cara mengatasi serangan virus?
Jawab:  Mengatsi virus di laptop,komputer atau notebook  tanpa antivirus:
Buka Menu komputer anda > Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore
Cara ini yang biasa saya kerjakan apabila saya telah mentok akal mengatasi virus. Sedikit catatan mengenai System Restore. System Restore merupakan sebuah fungsi untuk mengembalikan settingan anda seperti semula seperti waktu penggunaan yang anda pilih. Setiap anda menginstal atau uninstal software, biasanya System Restore akan menyimpan Settingan lama anda sebelum anda mengistal atau uninstal software tersebut. Dengan cara ini setiap ekstensi exe atau aplikasi apapun yang terinstal sesudahnya akan dihapuskan atau dihilangkan. Termasuk Register Windows anda akan kembali seperti semula. Hal inilah yang bisa membikin virus hilang dari komputer anda.
Menggunakan cara ini anda tentunya tidak diharuskan melakukan instalasi antivirus di komputer anda. Tapi seringkali ada beberapa virus yang secara otomatis mematikanfungsi restore point ini. Jika ini terjadi lakukan shutdown manual lewat tombol power atau cabut aja kabel anda, atau matikan listrik istilahnya (dengan resiko kemungkinan ada file yang rusak, tapi biasanya tidak terjadi kok), lalu boot dari safe mode dan restore dari sana ke settingan sebelum terkena virus. Biasanya berhasil kok, terutama untuk brontok selalu berhasil. Saya juga heran brontok kan sangat mudah dikenali secara visual kenapa kok bisa-bisanya terkena virus ini, mungkin bagi yang pemula kali ya?
Setelah virus dihapus, Anda Mungkin perlu menginstal ulang beberapa perangkat lunak atau mengembalikan informasi yang hilang. Melakukan backup secara teratur pada file Anda dapat membantu Anda menghindari kehilangan data jika komputer Anda terinfeksi lagi. Jika Anda belum menyimpan backup ,kami sarankan anda untuk melakukannya sekarang juga.



9. Mengapa komputer yang terhubung jaringan luas sering mengalami gangguan dan kerusakan, baik dari sisi software maupun hardware?
Jawab: Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan luas
atau Wire Less merupakan pekerjaan yang harus dilakukan oleh
administrator jaringan/Teknisi. Pekerjaan ini memerlukan ketelitian dan
kesabaran yang tinggi agar di dapat hasil yang baik.
Komputer yang terhubung jaringan luas sering kali mengalami gangguan
maupun kerusakan baik dari sisi hardware atau software. Hal ini
disebabkan oleh banyaknya pengguna frekuensi atau gelombang 2,4Mhz,
gejala alam dan komputer yang terhubung dalam sistem jaringan
berbasis luas (wireless) atau WAN.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan yaitu: 
 a)      Tegangan Listrik

Tegangan listrik dapat menyebabkan ganguan apabila tegangan yang
dihasilkan tidak stabil, sering terjadi naik dan turun atau mati
mendadak dari sumber PLN. Hal tersebut sangat mempengaruhi
dikarenakan semua peralatan yang kita gunakan bersumber pada
listrik. Sumber listrik yang kita gunakan tidak baik atau tidak stabil,
dapat menyebabkan peralatan yang kita gunakan mudah rusak.
Perangkat wireless yang kita gunakan sering mati mendadak karena
sumber listrik mati dapat menyebabkan perangkat WireLess yang kita gunakan akan cepat rusak. Sehinga akan mempengaruhi jaringan
apabila terjadi kerusakan pada Wirelesss/radio workstation maupun di
rooter server. 
b)      Mati atau tidak berfungsinya komponen pada perangkat wireless

Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung perangkat
WireLess disebabkan oleh ganguan Petir ( gangguan alam), terjadi
dikarenakan factor alam dan petir di saat cuaca hujan dan angin
kencang yang menyebabkan perangkat akan terbakar juga pemakaian
yang terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala. 
c)      Perangkat Software

Gangguan dapat terjadi dari software yang ada diserver atau PC client, gannguan ini bias disebabkan oleh tidak jalannya aplikasi di wireless, konflik IP ( Internet Protocol ),tidak jalannya proses proxy server pada server, dan masih banyak lagi jeni ganguan software lainnya, solusiny adalah Admin harus menguasa standardt server dan client.
 
10. Tegangan listrik bagaimanakah yang dapat menyebabkan kerusakan? 
Jawab:   JENIS GANGGUAN LISTRIK
Adapun gangguan yang sering terjadi pada listrik diantaranya:
      1. Power Failure / outages
Power Failure atau outages sumber listrik utama mati kalau di Indonesia boleh dikatakan mati lampu/ PLN mati . Penyebabnya mungkin karena korselting atau hubung singkat, sumber listrik kelebihan beban, peralatan listrik ada yang rusak sehingga breaker /MCB PLN turun. Bisa juga karena adanya bencana alam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada hardware computer atau peralatan elektroniknya , kehilangan data, system computer menjadi crash.
       2. Power SAG
Yaitu tegangan listrik turun dalam waktu sesaat sampai dengan dibawah 80-85% dari tegangan normal. Yah kalau di Indonesia tegangan normalnya 220 Vac. Penyebabnya adanya startup beban (peralatan listrik / elektronik) yang cukup besar (Kita pasti pernah mengalami pada saat kita menyalakan televisi atau monitor komputer atatu ac terkadang bohlam di rumah kita redup sesaat kemudian normal kembali, nah itu yang dinamakan sag alias tegangan turun sesaat), adanya peralatan yang rusak, kapasitas listrik kita misal di rumah lebih kecil dari yang dibutuhkan/demand. Gangguan seperti ini dapat mengakibatkan kerusakan pada pada komputer dan mungkin system komputer kita bisa crash. Anda bisa bayangkan kalau kita sedang memakai komputer terjadi hal seperti ini, komputer kita kalau tidak restart ya…. Hang.
        3. Power Surge / Spike
Yaitu tegangan listrik naik dalam waktu sesaat sampai dengan di atas 110% dari tegangan normal. Yah kalau di Indonesia tegangan normalnya 220 Vac .. Sedangkan spike merupakan kejadian dimana tegangan listrik naik begitu cepat dalam sesaat sehingga dapat mencapai 5KV-60 KV. Penyebabnya biasanya pada saat kita mematikan beban yang berat atau bisa juga jaringan listrik terkena petir. Gangguan ini dapat menyebabkan kerusakan pada hardware.
         4. Undervoltage
Dikenal juga dengan istilah BrownOut terjadi saat tegangan listrik turun / berkurang dalam waktu beberapa lama bisa hitungan menit, sampai hitungan hari . Penyebabnya beban listrik yang berlebihan sehingga pasokan listrik berkurangi atau adanya beban pada saat baban puncak misal malam hari. Hal ini dapat menyebabkan peralatan listrik atau elektronik menjadi rusak.
         5. Overvoltage
Hal ini kebalikan dari undervoltage . Hal ini akan menyebabkan komputer atau peralatan elektronik menjadi panas dan cepat rusak.
         6. Electrical Line Noise / Common Mode Disturbances
Gelombang listrik terganggu sehingga bentuk gelombangnya tidak bersih tetapi seperti berambut. Hal ini terjadi karena gangguan frekuensi radio, petir, Neutral-Grounding pada instalasi listrik jelek, atau bisa juga sisebabkan oleh peralatan listrik atau elektronik yang menghasilkan frekuensi yang tinggi . Gangguan ini dapat menyebabkan error pada harddisk ,dan kerusakan pada hardware komputer.
     c     7. Frequency Variation
Listrik mempunyai dua istilah yaitu tegangan atau voltase dan frekuensi. Jadi Frekuensi variation ini adalah frekuensi listrik yang selalu berubah-ubah. Umumnya di Indonesia frekuensi listriknya 50 Hz. Hal ini dapat menyebabkan hilang data, sistem menjadi crash dan rusaknya peralatan.
8. Switching Transient
Turunnya tegangan secara tiba-tiba dalam waktu kisaran beberapa nanosecond /nano detik . Waktu yang terjadinya lebih pendek daripada sebuah spike dan hanya terjadi beberapa nanosecond. Gangguan ini dapat menyebabkan kerusakan yang terlalu cepat / premature failure.
            9. Harmonic Distortion
Gelombang listrik yang terdistorsi sehingga gelombang listriknya kacau tidak sinusoidal lagi. Hal ini dapat disebabkan karena switching power supply, motor listrik seperti pompa air, mesin fax, mesin foto copy dll. Gangguan ini dapat menyebabkan komunikasi data misalnya pada jaringan lan menjadi error, peralatan listrik / elektronik cepat panas, dan kerusakan pada hardware komputer.

Komentar

Postingan Populer